Wednesday, August 17, 2016

Spesial Untukmu, Negeriku!

Selamat ulang tahun... Selamat ulang tahun... Selamat ulang tahun... Selamat ulang tahun INDONESIA!!!! DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA!!!

Haiii readers, Selamat Hari Kemerdekaan! Wahhh ga nyangka yaaa Indonesia udah berumur 71 tahun. Karena hari ini ulang tahunnya Indonesia, nahh postingan kali ini spesial untuk Indonesia.
Eits, tenang duluu.. aku ga bakal cerita Indonesia seperti di pelajaran PKN ataupun IPS wkwk. Mau tau ga apaa? Awkay, let's check it out!

Berhubung Indonesia telah berumur 71 tahun, pasti dong ada yang berubah di setiap tahunnya. Nah, aku mau kasih tau beberapa perubahannya atau bisa dibilang Indonesia jaman doeloe VS Indonesia saat ini.

Anak-anak
Anak-anak Indonesia di jaman dulu sering banget main permainan tradisonal seperti bite tujuh, tapak gunung, petak umpet, wakwakgung, dan khusus permainan untuk anak perempuan itu ada congklak dan bekal. Tetapi kalo kita lihat anak-anak zaman sekarang yang bermain itu HANYA kedua tangannya (read: main game di gadget).

Remaja
Kalo ngomongin remaja bisa dibilang berkaitan dengan acara tv a.k.a sinetron. Sinetron jaman dulu yang terkenal dan bahkan sampe sekarang masih dikenang adalah 'Si Doel Anal Sekolahan' dan 'Pernikahan Dini' (sumber : Ibuku wk). Walaupun jalan cerita di kedua sinetron itu agak klise tapi moral value nya waahh banget, beda banget sama sinetron yang lagi buming sekarang, mereka hanya mengandalkan ketampanan sama kecantikan para pemain tanpa memikirkan moral valuenya.

Dewasa
Orang dewasa jaman dulu biasanya kalo ada masalah dengan temannya pasti diselesaiannya secara tatap muku tapi kalo jaman sekarang lebih memilih main sindir-sindiran di sosmed ckck (*poke: Justin Selena, kalian cepet baikan yaaachh).

Orang Tua
Kalo jaman dulu, khususnya para ibu-ibu,  pas mereka ketemu di angkot, bis, ataupun di kereta pasti langsung saling sapa, "dari mana, mau kemana bu?". Sok kenal sok deket gitu lah. Berbanding terbalik dengan jaman sekarang, yang ada mereka pada nunduk trus sibuk 'typing'. Biasalah ibu-ibu sosialita.

Nah itu beberapa perbedaan Indonesia jaman doeloe dengan Indonesia zaman sekarang.

Rasanya ga adil kalo cuma perbedaannya aja yang dibahas, yuk kita beralih ke persamaannya. Satu hal yang selalu sama di Indonesia dari tahun ke tahun yaitu keseruan warga Indonesia saat memperingati Hari Kemerdekaan Rebuplik Indonesia.

Biasanya kita sebagai warga Indonesia memeriahkan ulang tajun negaranya dengan mengadakan lomba kecil-kecilan atau bisanya dikenal dengan lomba tujuhbelasan. Dimulai dari lomba khusus anak-anak sampai lomba untuk orang tua.

Ada lomba apa aja sih? Nih aku kasih tau..

Katagori anak-anak:
  • Lomba kerupuk (ini wajib ada!)
  • Lomba memasukan pensil ke dalam botol (Biasanya yang menang itu yang terpendek, karena semakin tinggi orangnya, maka semakin lama masukin pensilnya ke dalam botol.)
  • Lomba memasukan belut ke dalam botol (kelihatannya si gampang tapi nyatanya... hmmm susah.)
  • Lomba kelereng / gundu (buat yang mau jadi model, wajib banget ikut karena ini tuh kaya melatih cara jalan yang baik dan benar wks..)
  • Lomba masukin jarum (Kalo ikutan lomba ini harus tahan napas, supaya benangnya ga goyang-goyang huehue..)
  • Lomba cari uang dalam terigu (yang menang lomba ini biasanya yang paling ter'cemong'.)
Katagori remaja hingga dewasa:
  • Lomba balap karung (harus latihan  extra supaya mau menang hhe..)
  • Lomba joget balon (nah, kalo lomba ini harus berpasangan.)
  • Tarik tambang (kalo yang ini sebelas duabelas lah sama balap karung.)
Katagori ibu-ibu
  • Lomba masak (sepertinya para ibu-ibu udah pada jago, bahkan melebihi Master Chef)
Katagori bapak-bapak
  • Sepak bola (kompetisi sepak bola teraneh dimana para pemainnya dilarang menggunakan celana dan wajib memakai daster atau sarung. Bisa dibayanginkan gimana susahnya.)
Nah dari sekian banyak lomba tersebut, biasanya di puncak acaranya bakalan ditutup dengan lomba panjat pinang, tapi sepertinya lomba ini sudah tereliminasi dikarenakan pohon pinangnya sudah pada punah -,-

Karena sudah banyak yang diceritakan, ada baiknya kita sudahkan hehe.
Sekali lagi Selamat ulang tahun Indonesia, semoga ga ada lagi kesenjangan, pengangguran bisa dibrantas, kasus kejahatan bisa dibasmi, para koruptor bisa dilenyapkan,  dunia pendidikan semakin jelas, dan yang terpenting semoga masyarakat bisa memahami pemerintah dan begitu pula pemerintah bisa memahami rakyatnya.

HIDUP INDONESIA!! MERDEKA!!

No comments:

Post a Comment