Sunday, December 30, 2018

2018 is Almost Getting OVER!


2018 adalah tahun yang penuh dengan ‘ketakterdugaan’. Dimana salah satu impian saya bisa terwujud dan juga tahun yang mempertemukan diri ini dengan orang-orang yang sangat amat membantu untuk menuju impian lainnya.

Yup! Di awal tahun tepatnya di bulan Januari, saya diberi kesempatan untuk menerbitkan novel yang sudah lama sekali hanya  tersimpan di dalam laptop. Inget banget ketika SMP sering banget baca novel sampe berangan-angan suatu saat nanti novel saya akan berjejeran di rak buku. Its happening now! Walaupun memang belum bisa berada di rak buku Gramedia namun di rak buku saya, dan tentunya bisa berjejeran dengan novel dari penulis keren lainnya seperti Ilana Tan. Wkwkw.

Yash bisa berjejeran di rak buku saya Hihihi😆

Sebenernya novel ini udah lama banget dibuat dan hanya bersembunyi di laptop. Jadi ceritanya dulu itu ada lomba menulis novel korea dan karena waktu itu punya waktu kosong yang amat panjang dan tiba-tiba kepikiran sama curhatan salah satu sahabat tersayang. So, daripada cuma tersimpan di ingatan mending ditulis. Yup, novel ini based true story (sedikit) of my bestie. Makasih yaaa sobat, wkwk. Btw, kalo kalian pengen curhat ke saya boleh ko.. bisa langsung hubungin saya via email di anisah.sa13@gmail.com , siapa tau curhatan kalian bisa dijadikan novel wkwk.

Tapi sayangnya di lomba itu belum berhasil dan akhirnya memutuskan untuk mengirim ke beberapa penerbit.  Sekitar 3 tahun lamanya bahkan udah lupa pernah ngirim tiba-tiba dapet email dari salah satu penerbit indie, kalo novelnya bisa diterbitin. FINALLY THANKS GOD! BIG THANKS to Jejak Publisher 😄

Kepo sama bukunya? Klik aja https://jejakpublisher.com/product/gay-gentleman-and-yours/

Ketakterdugaan lainnya juga terjadi di akhir bulan Januari, pas buka email tiba-tiba salah satu mahasiswa UGM Hukum Pidana ngirim email. Panik dong kirain ada apaa gitu ehh gataunya doi nanya tentang hukum Qishash. Ouou😓

Jadi tuh saya itu lumayan tertarik sama lomba nulis apalagi yang berlabel gratis, trus di tahun 2016 ada lomba nulis jurnal dari FH UI tentang hukum Islam, kebetulan banget di halaqo (semacem mentoring keagamaan) itu sebelumnya lagi bahas Hukum Qishash dan itu pertama kalinya bagi saya denger kata Qishas. Karena saya orangnya kepo maksimal langsung deh tuh cari-cari sumber tentang Qishash dan daripada sayang cuma jadi tulisan mending dikirim aja. Coba-coba berhadiah. Alhamdulillah ternyata bisa lolos.

To be honest, pas dapet email itu seneng banget. Seneng bukan karena pengirimnya dari universitas terkenal tapi seneng karena tulisan saya bisa dijadikan bahan untuk tugas akhirnya. Hehehe

Waktu terus berlangsung sampai akhirnya di pertengahan tahun 2018, saya mengambil mata kuliah wajib yaitu Praktek Keterampilan Mengajar. Yup, menjadi guru  merupakan salah satu impian terbesar saya. Apalagi jadi guru matematika yang bisa mengubah mindset anak murid kalo matematika itu ga sesulit yang mereka bayangin.  Di PKM ini lah saya dipertemukan sama guru-guru yang memang sudah berkecimpung lama di dunia pendidikan dan bertemu dengan murid dengan berbagai karakter penuh warna, dari murid yang duduk manis tangan di atas meja sampe murid yang hobinya keluar masuk kamar mandi. Dari murid yang punya suara pelan sampe murid yang punya suara super lantang, nah murid yang kaya gini biasanya di kelasnya menjabat Seksi Keamanan kelas. Dari murid yang memiliki postur tubuh mini menggemaskan sampe murid dengan tubuh yang besar tinggi yang selalu bilang, “Kok ibu pendek banget si?” Huaa padahal saya sudah pake pantofel 3 cm😢
juga murid-murid SMP yang super polos dan terkadang suka dibuat senyum-senyum sendiri sama tingkahnya.

Namun, setelah sebulan PKM ada perasaan aneh yang muncul. Rasa lelah, cape, sampe bosen sempet terbesit. Lelah karena ternyata tugas guru ga cuma ngajar di kelas tapi juga HARUS buat yang namanya RPP, nganalisa Silabus & Kurikulum, buat  kisi-kisi ulangan, bikin soal ulangan, analisis ulangan, dan perintilan lainnya. Rasa cape kalo ngeliat mereka belajarnya ga serius, berisik di kelas, kesabaran yang bener-bener diuji. Bosen ketika harus berangkat pagi-pagi ke sekolah karena jam setengah 7 udah masuk.

Untung aja rasa aneh itu semua langsung ilang ketika mengajar mereka dan salah satu atau dua murid nyeletuk, “Ohhh... ternyata caranya begitu ya Buu” Walaupun tidak semua siswa mengucapkan kalimat yang sama tapi sangat amat nyenengin hati ini. Setidaknya saya berhasil mentransferkan ilmu saya kepada mereka.
Walaupun kalian suka berisik tapi kalian menggemaskan 😃

Terima kasih banyak SMP Negeri 137 Jakarta, karena sudah mengizinkan diri ini untuk berlatih menjadi guru.

Di pengujung tahun 2018 tepatnya di hari guru, diri ini diberi kesempatan untuk merayakan hari guru dengan guru-guru lainnya di acara Workshop Media Pembelajaran Harmoni Cinta Guru. Acara yang super duper keren ditambah lagi dengan pembicaranya yang amat sangat mahir, dimana dapat memberikan bekal untuk saya agar bisa menjadi guru Millenial yang siap menghadapi revolusi 4.0. Walaupun memang pada teorinya revolusi 4.0 tidak dapat menggantikan peran guru tapi cukup membuat diri ini resah. Nah di acara ini kita diberikan senjata untuk melawan revolusi 4.0 dengan membuat media pembelajaran yang berbasis teknologi.

Nah itu dia kilas balik di tahun 2018. Sayang kalo hanya tersimpan manis di ingatan lebih baik di share karena siapa tau bisa berguna untuk orang lain.

“Karena sejatinya setiap manusia pasti memiliki suatu impian dan untuk menggapai impian tersebut tidak cukup dengan berusaha tapi juga harus ditemani dengan kesabaran. Sabar ketika menghadapi rintangan, sabar ketika harus melawan sesuatu yang berpotensi membuat impian kita hanya menjadi angan, dan sabar menunggu waktu yang tepat dari Tuhan untuk mewudujkan impian kita."

Semoga di tahun 2019, impian kita yang belum bisa tercapai di tahun sebelumnya akan tercapai di tahun 2019.

Doakan saya semoga tahun 2019, saya bisa menyandang gelar S.Pd tanpa sia-sia. Aamiin Allahuma Aamin.

No comments:

Post a Comment